Import Sapi Indukan dan Bakalan Produktif, Bukan Sapi Siap Potong

Negara akan melakukan import sapi dalam kapasitas besar. Tidak tanggung-tanggung negara akan mengimport sebanyak ribuan ekor sapi. Import sapi ini untuk menanggulangi harga sapi yang tinggi. Wajar mungkin dengan banyaknya daging sapi yang beredar akan menurunkan harga, sehingga daging sapi akan tetap dijangkau oleh masyarakat.

Kewajaran itu kurang bisa memperhatikan peternak yang ada. Saat ini ribuan orang warga menjadi peternak. Baik peternak dengan kapasitas kecil, sedang atau bahkan besar. Adanya import sapi dalam jumlah yang cukup signifikan itu jelas nantinya akan berpengaruh terhadap peternak, terlebih peternak kecil. Ini merupakan kejadian yang sering kali berulang dan dilakukan oleh negara.

Import sapi untuk menekan harga daging sapi, tapi juga menekan peternak terutama peternak kecil. Untuk itu perlu adanya planing jangka panjang untuk melakukan import sapi. Perlu ada pemahaman, bahwa import sapi jelas akan menimbulkan pemahaman positif dan negatif. Akan tetapi siapa yang akan menikmati keuntungan dari kegiatan import sapi tersebut, bisa jadi akan kembali ke peternak yang tergolong peternak kecil-kecilan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: