Harga Daging Sapi Tinggi, Import Bukanlah Solusi Terbaik

Memasuki awal tahun 2014, daging sapi masih relatif tinggal di sekitaran 95.000-105.000 di wilayah DIY. Sebenarnya dengan harga segitu keuntungan akan berada di petani peternak. Jelas harga beli sapi juga akan tinggi.

Tingginya harga sapi yang tinggi ini membawa keuntungan tersendiri yang akan di dapat oleh petani peternak. Harga daging sapi di Indonesia sempat mendapat sorotan tajam lantaran tercatat sebagai yang termahal di dunia. Pemerintah dihadapkan pada pekerjaan rumah yang besar untuk mencari solusi atas masalah ini.

Situasi tidak mudah dari pulau ke pulau. Rendahnya produksi bukan hanya akibat produksi semata, perdagangan peternak sulit akses dan distribusi sapi. Ini akan jadi program yang harus dipikirkan mendatang. Alat transportasi untuk mengangkut sapi, salah satunya. Transportasi yang tinggi akan mendongkrak harga sapi yang tinggi juga.

Pekerjaan berat harus diselesaikan. Import bukan merupakan solusi yang tepat, akan solusi yang instan. Kalau import sapi masuk harga bisa turun, akan tetapi harga sapi di petani peternak akan ikut jatuh. Tapi yang perlu dipikirkan kesinambungan harga bisa turun dengan waktu yang bertahan.

Kegiatan impor sapi malah dimanfaatkan oleh pemangku kebijakan untuk memperkaya diri. Tidak dipungkiri lagi sudah beberapa politisi yang tersangkut suap dalam pengurusan impor. Padahal harusnya peternak yang mendapat untung dalam pengelolaan peternakan. Saat ini peternak hanya disibukan soal urusan pemeliharaan yang mengeluarkan biaya sangat besar. Akan tetapi kalau dilihat dari hasil masih sangat kecil.

Pemberdayaan dalam sektor peternakan harus mendapatkan perhatian yang serius. Peningkatan tata kelola peternakan, peningkatan management peternak senantiasa diberikan kepada peternak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: