Politik Sudah Mempolitis Media

Perseteruan politik membawa dampak rendahnya kepercayaan sebuah lembaga yang seharusnya dapat bersikap netral. Muatan politik yang dimiliki oleh salah seorang yang menjadi ponggawa/pemimpin sebuah instusi membawa dampak pada semua pihak.

Politik dijalankan bangsa ini dirasakan kejam. Tidak mempedulikan dimana rakyat yang dipimpinya. Perseteruan politik membawa dampak rendahnya kepercayaan sebuah lembaga yang seharusnya dapat bersikap netral. Muatan politik yang dimiliki oleh salah seorang yang menjadi ponggawa/pemimpin sebuah instusi membawa dampak pada semua pihak.

Pelaku politk sering kali akan menggunak segala cara untuk dapat meraih impiannya. Bahkan uang akan dijadikan cara untuk meraih impian tersebut. Ini dapat kita amati menjelang perseteruan pada pemilu 2009. Masyarakat patut berhati – hati dengan gerakan – gerakan partai politik maupun para kader politik yang akan bermain.

Apalagi bagi para penggiat penggiat media komunitas. Ini harus dapat diwaspadai. Jangan sampai permasalah politik akan mempengaruhi media komunitas yang ada. Nantinya malah masyarakat dalam komunitas tersebut akan meninggalkan media yang masyarakat bangun. Padahal saat ini media komunitas sangat berperan dalam mengelola komunitasnya. Sudah jarang ditemua media ataupun lembaga yang dapat membina komunitasnya. Adapun ada tapi dibalik itu ada kepentingan politik yang terselubung.

Teknologi informasi yang sedang dibangun media komunitas akan dapat menetralisir untuk saling kontrol. Dengan tehnologi informasi yang berkembang saat ini telah menjadi peluang dan sekaligus menjadi ancaman. Tehnologi Informasi bisa menjadi salah satu media untuk menjawab permasalahan dimasyarakat. Dengan hadirnya media komunitas kesenjangan informasi yang terjadi pada sebagian besar kelompok miskin dan minoritas bisa terjawab. Akan tetapi jaring informasi tersebut harus dapat dikelola dengan baik. Jangan sampai dengan pesatnya arus informasi malah menjadikan bumerang.

Tidak hanya media komunitas yang lebih parah media menstrem yang jauh menjalankan perannya dengan gila – gilaan. Patut diwaspadai juga bagaimana peren rakyat untuk dapat mengawal ini semua. Media saya rasa sudah sangat kecil untuk dapat dijadikan acuan untuk dapat mengawal peran rakyat dan juga potensi rakyat dalam menjalankan kegiatan politik.

Rakyat harus dapat mengkondisikan diri untuk dapat berperan dalam kegiatan politik. Kalau tidak dengan jeli melakukan peran tersebut ya sudahlah pasti akan dikuasai oleh beberapa orang saja negara ini. Saat ini sudah jauh terlihat peran yang demikian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: