Media Komunitas Sebagai Sarana untuk Pemberdayaan Masyarakat

Media komunitas merupakan alat komunikasi yang ada dilingkup komunitas dimana media itu berada. Media komunitas akan dapat memberikan apa yang seharusnya dibutuhkan masyarakat. Pengelolaan media komunitas dilakukan oleh masyarakat sekitar komunitas berasa karena masyarakat komunitas tersebut yang mengetahui apa yang dibutuhkan oleh komunitasnya. Pengelola juga mengetahui karakter masyarakat sekitar.

Banyak hal yang dapat diambil keuntungan dengan adanya media komunitas. Dengan media komunitas masyarakat akan dapat dengan mudah berinteraksi dengan masyarakat yang lain. Selain itu juga akan muncul pertukaran informasi tentang hal – hal yang menjadi kebutuhannya. Hal ini juga dapat dilakukan untuk berkembangan masyarakat secara merata. Sebagai ajang tukar pengalaman maupun pemenuhan kebutuhan komunitasnya.

Saat ini masyarakat hanya akan mengetahui hal – hal yang jauh dari jangkauannya. Jauh diluar konsumsi informasi sangat inten bahkan terus menerus. Akan tetapi masyarakat sendiri tidak mengetahui apa yang ada dilingkungan sekitarnya. Bahkan apabila dikembangkan potensi yang ada disekitar masyarakat sangat banyak. Media komunitas akan memicu hal – hal tersebut menjadi pancatan untuh memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Selain itu masyarakat dibiasakan untuk dapat belajar dari lingkungan disekitarnya.

Sebelum masyarakat mempelajari apa yang ada disekitarnya mustahil akan dapat menyesuaikan dengan hal baru yang ada dilingkungan luar. Pertukaran informasi maupun pertukaran potensi yang ada bisa dilakukan bersama – sama. Dengan demikian masyarakat akan mengetahui apa yang ada dilingkungan sekitarnya sebelum mengetahui apa yang ada jauh diluar.

Media komunitas juga akan membantu peningkatan pemberdayaan masyarakat. Hal ini muncul dengan sifat kedekatan, saling mengetahui potensi, ajang berkreasi, ajang tukar pengalaman dan saling memahapi apa yang ada disekitarnya. Media komunitas juga akan melatih bagaimana masyarakat akan menyapaikan aspirasi yang ada disekitarnya. Dengan demikian masyarakat akan dapat berlatih untuk mengungkapkan apa yang seharusnya diungkapkan dan nantinya hal – hal yang muncul dievalusi dan dianalisa bersama – sama. Untuk itu marilah kita berdayakan masyarakat dengan media komunitas. Masyarakat adalah penentu langkah bangsa untuk selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: