Rakyat Harus Cerdas, Tepat dan Ideal Memilih Wakilnya Dalam Pemilu

Pemilihan Umum ( Pemilu ) sebentar lagi digelar, hiruk pikuk penyambutan pesta demokrasi ini sudah cukup terlihat. Para calon legislatif mulai gencar menebar simpati ke masyarakat untuk mendapatkan dukungan. Banyak cara digunakan oleh para calon legislatif untuk mendapatkan simpati dari masyarakat. Di lain sisi masyarakat memiliki kebebasan sebebas – bebasnya untuk menggunakan hak pilihnya, tanpa ada campur tangan, desapakan maupun paksaan dari orang lain.

Ibaratnya pilihan rakyat merupaka pilihan hati nuraninya. Hal ini karena rakyat juga akan menjadi penetu keberlangsungan berjalannya negara dalam kurun waktu lima tahun kedepat. Apabila rakyat menggunakan hak pilihnya dengan asal – asalan bisa jadi negara ini juga berjalannya asal – asalan. Mekanisme tersebut menunjukkan bahwa rakyatlah yang memiliki kedaulatan di negeri ini, bukan orang – orang mempunyai kekuasaan.

Pemilihan legislatif secara langsung akan melatih rakyat untuk berpikir cerdas dan kritis. Sehingga rakyat harus benar – benar selektif untuk dapat mentukan pilihannya. Masa depan masyarakat akan dipertanggungjawabkan oleh pilihannya sendiri. Banyak faktor yang akan menjadi penentu rakyat menjatuhkan pilihannya. Seperti kualitas, kredibilitas maupun peran serta terhadap rakyat dari calon legislatif harus menjadi pertimbangan utama bagi rakyat untuk menentukan pilihannya. Sembarangan dalam menentukan pilihan akan berdmpak buruk bagi masa depan bangsa karena mereka yang terpilih tersebut akan mengemban tugas berat dalam menyelesaikan segala permasalahan rakyat.

Rakyat diharapkan tidak menetukan pilihan hanya dengan asal – asalan. Informasi yang lengkap dan objektif mengenai calon legislatif yang akan dipilih mutlak untuk dimiliki Rakyat sebelum menentukan pilihannya. Jangan sampai masyarakat memilih kucing dalam karung alias memilih tanpa mengetahui kualitas dan kapasitas calon. Tidak dimungkiri jika para calon pun telah melakukan berbagai usaha untuk mengenalkan dirinya kepada masyarakat, namun semua itu masih sebatas perkenalan dengan implikasi rakyat hanya mengenali wajah calon dan slogan semata.

Ibarat membeli produk, mengetahui wajah dan slogan calon semata tidak ubahnya hanya mengetahui produk dari bungkus dan merk nya semata dan tidak mengetahui ada apa didalamnya. Sebagai pemilih yang cerdas mutlak semua yang berkaitan dengan calon legislatif perlu diketahui. Rakyat harus mengetahui secara menyeluruh calon yang akan diipilih baik secara penampilan, sikap dan yang paling penting adalah kualitas dan kapasitas calon untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Selain itu juga perlu diketahui bagaimana kredibilitasan calon legislatif terhadap apa yang ada di lingkungan masyarakat, jangan samapi rakyat memilih wakilnya, sedang wakilnya tersebut tidak tahu rakyat yang ada disekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: